Toelf prediction feb ugm

Desember ini gue ngikut prediksi toelf bahasa Inggris (Ada gitu ya toelf yang bukan bahasa inggris? #abaikan). Ini ada kaitannya dengan rencana ke depan gue untuk lanjut studi. Jadi anggap saja prediksi toefl ini adalah  pemanasan demi matangnya rencana gue untuk lanjut S3 karena kalau tidak dipanaskan kapan mau matang. Iya kan? :D  Lagipula tidak lucu juga lanjut S3 tapi bahasa inggris masih berantakan. #Bahasa Inggris sekeren pangeran Harry-pun tetap ga bakalan lucu deh. Wong bukan untuk lucu-lucuan. Kalau mau lucu ya stand up comedy aja.

—–
Gue ambil prediksi di feb (fakultas ekonomi & bisnis) ugm. Kenapa? Pengen tahu aja dan perbandingan kadar kesulitan. Gue pernah ambil ITP di P3B ugm dan UNY. Yang belum pernah gue  ambil itu hati calon mertua hahahaha #ngenes banget sih gue.

Feb ugm ini di antara yang lain tempatnya dan fasilitasnya paling oke. Gue tes di lab bahasa. Jadi peralatan pendukung pada bagian mendengarkan bisa optimal. Ya memang ada mbak-mbak di belakang yang terpaksa pindah tempat duduk karena di meja dia audionya ga bagus, katanya terlalu pelan.

Kekurangan dari feb ini adalah bagian pelayanan bahasa dan gedung tempat ujian yang susah ditemukan, padahal sebenarnya enggak juga. Kantor layanan bahasanya itu ada di gedung pertamina. Jadi ya kesulitan ini memang sifatnya subjektif sekali sih. Ini adalah masalah pribadi gue terkait dengan visual aka pandang ruang dan orientasi tempat. Bagi mereka yang sistem navigasinya bagus, insya Alloh tidak kesulitan. Amiin. Jujur, gue tiap ke feb nyasar melulu, bisa masuk dan menemukan tempat yang gue cari (dengan susah payah) tapi ga bisa keluarnya (harus dengan muter-muter dan nyumpah-nyumpah baru bisa menemukan jalan yang benar  #ini gue aja yang dodol😀

Kalau dilihat dari kadar kesulitan, sepertinya semuanya sama deh. Sama-sama sulit:D . Benar-benar tergantung amal dan perbuatan kita. Maksudnya, amalan-amalan dalam belajar toefl. Tahu kan? Seberapa sering membaca, mendengarkan, menulis (di prediksi tidak aja writting) dan lain-lain terkait bahasa Inggris. Pokoknya seberapa akrab kita dengan bahasa Inggris. Pdkt-in terus aja. Tanya alamat, pin bbm, nomor wasap dll Tips gue ‘tantang diri kita untuk berlomba cepat paham dan cepat mengerti komunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa ini. Kalau cuma paham tapi makan waktu lama ya akan menjadi agak cukup susah sih.  Singkatnya usahakan dalam sepersekian detik lo sudah paham maksudnya apa, paham kalau yang lo hadapi itu tuh bahasa Inggris bukan bahasa Jerman kayak gue tadi pas ujian hahaha. Sekedar curhat saja, gue tadi pas di bagian struktur sempat blank ada beberapa menit cuma ngeliatin kertas soal (padahal alokasi waktu untuk struktur cuma 25 menit😦 ) Dalam keheningan imajiner itu tiba-tiba terngingang lagu dangdut semalam punya Ikke Nurjanah “memandangmu, ingat selalu …. Tak akan pernah jemu …. Mencariiii apa yang aku cari … Rindunya hatiku….” jiahahahaha kacau hati gue. Sudah blank, ilang konsentrasi, masih dangdutan lagi. Parahnya hal ini berlanjut sampai bagian membaca alias reading. Lemes gue. Semoga langit berbaik hati memberikan petunjuk yang sebenarnya tentang kemampuan bahasa Inggris. Jelas kalau besok hasilnya buruk, maka yang salah adalah youtube #lah😀😀

Ps. Ini hasil tes gue. Misal gue ga terlena memandangmu ala ala ikke nurjanah, apakah hasilnya akan lebih bagus????
image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s