Tabungan BRI Syariah (tidak) bebas transfer (belanja online jalan terus :D)

note:

Mulai bulan Mei 2015 kemarin, transfer bebas biaya ke semua rekening sudah tidak ada. Yang ada diskon 50% biaya transfer ke semua rekening. Syaratnya saldo minimal 500 ribu rupiah. Jadi kalau misalnya biaya transfer dari BRIs ke BNI 46 biasanya 6800, dengan menjaga saldo seperti di atas, kita bisa hanya membayar dengan separuhnya, alias 3400. Masih minat? Kalau yang lain-lain sih masih seperti yang dulu kayaknya.

Ehm……. saya jadi minat buka rekening BNI Syariah deh, habis toko online langganan saya pakainya rekening BNI. Kan lumayan juga transfer bebas biaya sesama BNI hahahahaha #niat banget blanja😛

Bagi beberapa orang, berbelanja online adalah hal yang mudah dan menyenangkan. Tetapi bagi beberapa yang lain, hal ini sulit. Apa sebabnya? Berbelanja online ini nyenengin kalau ada duitnya, nyenengin kalau barang sesuai dengan keinginan. Hal yang tidak menyenangkan tidak perlu ditanyakan dong. Jelas hal yang berkebalikan dari dua di atas tersebut tidak nyenengin; ga punya uangnya dan barangnya abal-abal alias jelek. Dan satu lagi, kalau ditipu. Beuh amit-amit.

Saya termasuk ke dalam golongan orang-orang penyuka belanja online. Sederhana saja, siapa sih yang tidak suka belanja, siapa juga yang tidak suka tidak perlu kepanasan saat belanja dan siapa yang suka tidak perlu meninggalkan kesibukan rumah saat belanja. Karena itu kegiatan belanja per klik itu sangat menyenangkan. Jangankan belanjanya, cuma kegiatan nge-klik tanpa belanjapun tetap nyenengin kok hehehe.

Tetapi meskipun menyenangkan, belanja seperti ini belum tentu mudah bagi sebagian orang loh. Termasuk saya ini. Dulu ada satu kesulitan yang menghantui saya tiap belanja-belanji seperti ini, yaitu masalah pembayaran. Rekening saya dan rekening para penjual itu seringnya berbeda. Rekening BCa adalah rekening favorit yang sayangnya saya tidak punya, dan sampai sekarang belum merasa perlu untuk punya. Selain itu rekening online seller yang lain adalah punya bank mandiri. Lagi-lagi saya tidak punya, sehingga untuk aktifitas bayar-bayar harus pergi ke bank langsung (dan ngantri) atau harus rela kena potong 5000 untuk biaya transfer antar bank via atm, jadi nambah biaya lagi deh.

Sampai di sini, seharusnya sih saya merasa beruntung. Karena terkendala seperti itu nafsu belanja jadi terkendali. Tetapi ternyata sekarang ini kebutuhan transfer-transfer itu tidak hanya sebatas untuk belanja. Pencerahan finansial (halah) yang saya dapatkan mengarahkan saya untuk belanja reksadana sekaligus berbagi dengan adik-adik asuh. Sempat kepikiran untuk menyerah dan berpaling ke bank tersebut, sebelum akhirnya saya ketemu solusi terbaik: tabungan BRI Syariah.

Fitur bebas transfer ke rekening bank apa saja jelas yang menarik saya untuk membuka rekening di BRI syariah. Dan sejauh ini berfungsi bagus, handal dan lancar. Saya bisa transfer lewat atm apa pun ke bank manapun gratis, bebas administrasi bulanan juga. Btw. bagi hasil hanya diberikan pada saldo di atas sejuta klo ga salah dan ada hadiah emasnya juga.

Catatan bagi saya sendiri mengenai tabungan BRIs ini adalah: karena yang saya kejar hanya fungsi bebas admin dan transfernya, maka saya cukup isi seperlunya sesuai anggaran belanja suka-suka (baca: anggaran shoping) supaya tidak lupa diri lantas beli ini itu alias kemaruk.
Ada pembaharuan tarif sejak bulan november 2014. Overall masih menguntungkan untuk saya sih. Transaksinya tinggal ke atm bri saja. Toh gampang ditemukan.
image

Leave a Reply

