Sayur rebus (kampung Aceh)

sayur rebus aceh

Pertama kali mencicipi sayur ini di Denmark. Nah lo, judulnya sayur Aceh padahal hahahaha. Jadi ceritanya saya pernah muhibah silaturahim ke Denmark barengan saudara-saudara dari Aceh. Jadi harap maklum, meskipun labelnya Kopenhagen-Aarhus-Denmark, makanan kami tetep indonesia bzw. Aceh punya dong

Saya benar-benar jatuh cinta dengan sayur ini, mungkin karena pengaruh suasana di mana faktor kelaparan dan kelelahan sehabis jalan-jalan sangat dominan mewarnai makan siang kala itu, atau juga karena faktor X😛. Dihidangkan panas dengan nasi putih dan menu masakan ikan khas lainnya sayur ini benar-benar bisa, kalau orang tidak tahu malu, membuat orang habis sebakul nasi sendiri, karena saking enaknya.

Kalau dilihat sepintas penampilan sayur ini mirip-mirip dengan sayur asam pada umumnya tapi cita rasanya berbeda karena ada tambahan daun jeruk. Seumur-umur dan seingat saya, ibu saya di Jogja tidak pernah masak sayur asam dengan daun jeruk.

****

Nah kemarin ini ini saya tiba-tiba kangen, ingin pengen mencicipi kembali kesegaran sayur ini. Masalahnya saya tidak tahu resepnya. Dulu pernah diberitahu tapi tidak dicatat dan sekarang benar-benar lupa. Karena rasanya begitu nelangsa kalau kangen belum keturutan, akhirnya saya mencoba kontak kembali kakak tuan rumah kami di Denmark sana serta satu kakak lagi yang tinggal di lhokseumawe. Yang pertama malah lupa sayur yang saya maksud itu yang seperti apa hehehe. Yang kedua rupanya masih ingat dan segera memberi jawaban. Resep di bawah ini itu dari dia. Enak kok, kata ibu saya juga.

sayur rebus kampung aceh

Sayurnya (kalau saya pakai seadanya saja🙂 ):

# bayam, saya ganti daun melinjo

# wortel, kol (tidak pakai)

# toge,

# daun katuk (kalau ada),

# daun ubi muda (kalau ada),

# kangkung sedikit kalau ada juga (kira2 5 batang),

# tomat masak 1 buah—semua dipotong,

# Saya tambah pakai labu siam yang dipotong dadu

Bumbu:

# bawang merah 1 siung kecil–rajang biasa

# cabe hijau 2 buah—belah dua atau dipotong jadi dua

# daun jeruk 4 lembar

# garam

Cara memasak:

# rebus air, garam, daun jeruk, dan cabe hijau sampai mendidih.

# masukkan wortel, biarkan sesaat,

# terakhir masukkan sayuran lainnya (kira2 2 menit, supaya tdk terlalu layu).

# Angkat dan hidangkan panas/hangat, bisa dengan sambal terasi ehmmmmmmmm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s