tabungan rencana: alternatif persiapan kurban

Semoga amal ibadah kurban kita diterima Alloh dan kita diberikan kemampuan untuk berkurban lebih baik lagi tahun depan. amiin. Allohuma Amin.

Mereka  bisa, kita juga

Suka haru dan terpacu ga sih kalau melihat orang-orang di luar sana berusaha untuk bisa berkurban. Subhanalloh, sebuah dorongan suri teladan yang seharusnya membuat kita malu dan makin terpacu untuk kurban sendiri. Allohu akbar, alloh maha memampukan.

Ada banyak strategi memampukan diri untuk berkurban. Karena hitungan waktunya sempit, tentu strategi yang ditempuh beda dengan strategi memampukan diri untuk nikah (eh??).  Adapun salah satu cara efektif menurut saya untuk merencanakan kurban adalah dengan membuat tabungan rencana atau yang lain yang nama dan cara kerja mirip-mirip itu. Silahkan google sendiri.

Tabungan rencana saya ada di Cimb niaga syariah. Kenapa? Karena sepertinya tabungan rencana ini bekerja dengan sistem debet otomatis dari rekening induk. Sehingga karena rekening saya ada di cimb, ya bukanya di cimb aja😀. Tiap bulan tanpa terasa kita sudah menabung dengan jumlah yang konsisten (minimal 100rb kalau di cimb). Dua belas  bulan ke depan kita bisa ambil hasilnya. Lupakan bagi hasil, karena memang kecil. Bagi saya, terkumpul sejumlah itu saja sudah bersyukur alhamdulillah. Tidak terasa beratnya.

Oh iya, karena hitungan waktu yang dipakai dalam tabungan adalah tahun masehi, sedang kita kurban di bulan haji hitungan komariyah, maka pasti akan ada pergeseran pelaksanaan kurban tiap tahunnya, padahal uang tabungan cair di bulan tertentu yang sudah fix. Solusinya setiap akan buka tabungan baru kita sesuaikan waktunya (biasanya saya sebulan sebelum kurban buka baru untuk tahun depan). Atau kalau tidak, pakai dulu cash yang ada, kalau sudah cair baru ditutup. Jangan malah uangnya dipakai shopping ya. Ga guna banget hahaha.

Jumat mubarak teman-teman, semoga Alloh meringankan hati-hati ini untuk kebaikan di jalanNya senantiasa, amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s