Online shopping: the good sides

Sejauh ingatan melayang ternyata sudah cukup lama saya jadi pelaku belanja via kawat ini. Virus ngulik situs belanja online menjangkiti saya ketika sekolah lagi dulu. Banyak toko yang selain memiliki toko fisik, juga membuka satu di internet. Dan ini sangat membantu karena waktu itu bahasa saya masih belepotan ditambah minim pengalaman belanja di negara asing. jadi Meskipun tidak langsung terjadi transaksi di situs, paling tidak ia telah membantu mengurangi kegagapan dan grogi saya dalam mendeskripsikan keinginan serta meringankan beban kaki yang biasanya harus dibawa kesana kemari untuk melihat barang-barang yang kita cari (ya iyalah, masak kakinya ditinggal :-D).

Saya pernah membeli laptop dengan berbekal printout spesifikasi dari situs cyberport.de yang kebetulan punya toko fisik di kota saya. Mudah. Di rumah bisa baca dan lihat-lihat gambar dengan tenang sekalian ngecek harganya juga. Kalau sudah mantap tinggal pergi ke tokonya dan bilang: “Ich möchte diesen Laptop kaufen” sambil nunjukin printoutnya. Beres deh. tidak lupa sebelumnya saya jalan keliling toko dulu. Di manapun tepe-tepe is wajib, yang jual keren soalnya, nyesel kalau nggak ngeceng dulu (haiyah).

Eh tapi, tapi.. ada juga yang kejadian terbalik. Artinya ke toko fisik dulu baru belanja online. Ini sih gara-gara saya yang banci parfum tapi ga mau rugi (hehehe). Belakangan saya tahu kalau toko parfum kecengan saya suka kasih voucher buat belanja online yang tidak terdeteksi di toko langsung. Contoh: potongan 5-10eu setiap pembelian di atas 30eu atau bonus mini/lotion apa to apa yang ga ada di dunia nyata (Lho?). Jadi setelah mabok endus-endus di toko fisik sambil sekalian jjs ga jelas gitu, saya baru cek di web ybs. Yang saya suka belanja di sini adalah dijamin asli, gratis ongkos kirim >25eu, bebas milih sampel gratis 2 buah, bisa minta bungkus kado gratis (presents for my self hehehe) dan sering ada potongan harga lumayan apalagi kalau lagi sale. Udah harga sale, masih dipotong lagi. hohoho. I am so blessed :-)). sale Pic from douglas.de

Ebay-ing and Amazon-ing

Siapa yang ga tahu dua situ online itu. Saya lebih dulu kenal amazon daripada ebay. Amazon sangat membantu saya dalam mencari buku-buku, baik buku referensi ataupun buku buat seneng-seneng. Khusus buat yang seneng-seneng ini (serta beberapa teksbook) saya cukup puas dengan kualitas bekas dengan mutu nan mengagumkan. (mulus lus tak kurang suatu apa). Buku baru silahkan lewat hehehe. Gratis ongkos kirim? Tentu saja. Bahkan untuk buku-buku dari Amerika dan Inggris sekalipun (tapi nunggunya lumayan juga lo)

Ebay saya kenal belakangan gara-gara teman ngaku semalaman ga tidur karena nge-bid barang😀 . Dia bilang main di sini bisa jadi kecanduan. Saya lalu mencoba dan ternyata benar. Untung belum kronis dan sempat tertolong dengan kerugian minim. Paling tidak saya dapat boot manis plus wintermantel cantik buat ke Paris dengan harga terjangkau (Got preloved mint condition) :-)). Yah cuma buat modal foto-foto doang kok ya.

apa lagi ya ???
Ehm…. selain belanjanya yang online, saya juga sering beli tiket dan voucher hotel atau pesan kamar secara online, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Kayaknya di mana-mana tujuannya sama, yaitu adu cepat guna mendapat promo terbaik. Atau barangkali juga karena bisa dibayar dengan kartu kredit, jadi bayarnya bisa bulan depan hehehehe. Terkait promosi, pernah nih beli tiket (kereta) online suatu kali ke amsterdam dapat bonus tiket naik boat di kanal amsterdam yang terkenal itu untuk 2 orang. Lebih dari lumayan hitungannya lo.

Tapi ada juga sisi buruknya. Banyak bahkan. Sambung lagi ntar😉

One thought on “Online shopping: the good sides

Leave a Reply

