Mencari souvenir nikah di Jogja

kipas batik

Hayoo siapa mau nikah?? Saya belum. Tidak dalam waktu dekat ini. Semoga dimudahkan ya, amiin *nyolong curhat dikit gpp kan? :D*. Tapi meskipun belum, boleh dong ngomongin soal souvenir pernikahan soalnya saya kemarin-kemarin ini mengurus suvenir pernikahan teman saya yang tinggal di ujung sumatra sana. Ga masalah sih bagi saya, ibaratnya sambil menyelam minum air, menolong teman sekalian latihan *sibuk* persiapan nikah nanti.

Jogja punya koleksi suvenir yang oke punya lo. Untuk keperluan survey Kita cukup datang ke malioboro lanjut ke pasar Beringharjo. souvenir bringharjoDari 2 tempat ini kita bisa lumayan punya gambaran tentang trend souvenir yang ada. Di malioboronya kita bisa survey-survey cantik plus foto-foto😀, sedangkan di Beringharjo kita nyari info tentang harga partai besar (pastinya lebih murah) serta ngelihat stok barang apakah bisa langsung diangkut ato tidak. FYI Pedagang di Malioboro terkadang stoknya ga terlalu banyak, jadi kita harus nunggu mereka kontak supliernya.

Berikut hasil ulikan saya:
1. Aneka dompet (dan sarung hape) utamanya yang berbahan batik (gambar yang paling tengah)

2. Gantungan kunci banyak model dari berbagai macam bahan dan bermacam harga (gambar pojok kanan atas). Pas survei ini, di pasar Beringharjo ada barengan yang beli ready stock gantungan kunci berbentuk gitar dari kayu dipernis cantik perbuah dapat harga 1000. Ybs beli lumayan banyak untuk nikahan di Kalimantan. (kite ngobrol soalnye :-D)

3. Kipas cantik (gambar di kanan tengah dan pojok kiri atas)
Kipas-kipas ini terbuat dari bahan satin ataupun batik dengan banyak pilihan ukuran. Range harganya antara 1500-7500 tergantung ukuran besarnya dan banyak barang yang dibeli. Makin banyak tentu makin kuat nego dapat harga murahnya😉

4. Aneka sendok & garpu
DSC05999
Sendok dan garpu ini terbuat dari berbagai bahan antara lain dari bahan logam biasa dengan pegangan plastik/kayu, dari batok kelapa, dari kuningan, dari bambu dll. Kita bisa memilih yang dilengkapi ukiran atapun polosan, bisa yang ukuran sebenarnya alias bisa buat makan atau hanya bentuk kecil untuk sendok gula pasir. Semuanya unik dan unyu-unyu. Yang digambar itu kalau kita beli satu kodi per itemnya (satu pasang sendok dan garpu ukuran normal)dihargai 1700 rupiah.

5. Pensil kayu dengan hiasan boneka (gambar di pojok kiri bawah)
Yang ini juga beraneka ragam bentuk hiasan bonekanya. Saya akhirnya beli ready stok pensil dengan hiasanya boneka wayang 200 buah @1250 rupiah.

Masih banyak lagi pilihan suvenirnya, tapi hanya itu yang saya ambil gambarnya. Malu sama yang dagang, beli kagak poto melulu😀.
Nah usai jalan-jalan di Malioboro, saya lalu lanjut ke pasar Beringharjo buat ngeliat harga kulakannya.

Lalu akhirnya saya beli apa? Teman saya memutuskan membeli 2 macam souvenir. Yang pertama pensil dengan boneka. Saya pilihkan boneka wayang yang terkesan tradisional. Souvenir kedua adalah kipas. Saya pilih kipas batik instead of kipas dengan bahan satin yang ga kalah indahnya, lagi-lagi pertimbangannya adalah sentuhan tradisional yang lebih terasa. Harga kipas batik medium 1350 ditambah 150 rupiah ekstra untuk kemasan plastiknya.
DSC06042

DSC06044

DSC06043

DSC06041

DSC06045
Tuuh kan, cantik-cantik deh kipasnya. Hampir aja ga ikhlas ngirim ke sana. Berasa mau pake sendiri😛

2 thoughts on “Mencari souvenir nikah di Jogja

  1. hahahaha seru juga…..dari dulu sampai sekarang mencari souvenir di jogja tuh lumayan gampang. pa lagi sekarang ada XT SQUARE. one stop shopping souvenir deh. Barangnya juga lumayan variatif. kalau yang males berjubel di bringharjo atau merasa repot kalau harus survey ke beberapa tempat, mending ke XT SQUARE tempat nongkrongnya pemburu souvenir heeeeee…..
    dari mulai yang pecah belah sampai yang bertema etnic ada…… ayo datang ke jogja heeeee.
    oh iya, kalo ada yg mencari souvenir dari clay kunjungi saja http://www.millosclay.blogspot.com
    made by request dan asli hand made. Mampir yaaaaaa itu punya saya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s