Be smart, jadi nasabah cermat: Oleh-Oleh Siang ini…. (a muamalat story)

Rabu siang, panas, kelembaban super tinggi, keringetan.
Laporan nih. Saya tadi barusan ke bank Muamalat kantor maskam ugm sekalian kangen-kangenan sama masjidnya.maskam2 Ada perubahan beberapa hal sih tapi kenangan monumental di beberapa tempat masih terkesan kuat😀.

Balik lagi ke bank tadi, saya melihat di samping pos parkir sudah ada mesin atm muamalat. Great. Mungkin ia sudah berdiri lama di sana tapi sayanya yang ga ngeh. Jarang masuk via pintu resmi bagian barat karena lebih sering lompat pagar (loh?), atau masuknya via parkir timur sekalian jajan es kunir asem atau bakwan kawi😀.

Selesai dhuha saya mampir ke bank. Cek beberapa transferan sambil nabung (nabungnya dikiiiiiiiiiiiiit :-((). Eh ada yang baru lagi ternyata. di butap tercatat potongan biaya admin sebesar 7500. Karena setahu saya untuk saldo rata-rata di atas 3 juta berlaku free admin, maka saya tanyakan pada mbak teller, “emang sekarang untuk free admin harus rerata saldo berapa mbak?” Mbaknya menjawab “per 31 maret 2013 baik yg gold maupun reguler berlaku admin 7500“.

Ternyata begitu saudara-saudara metamorfosis tabungan muamalat. Dulu kan dia bernama share. Tabungan tanpa butab bebas biaya administrasi dengan saldo min 100rb dan setorannya bisa dilakukan via kantor pos. Tahun lalu (selesai saya sekolah lagi) ketika saya ingin mengaktifkan kembali share, tabungan itu sudah berubah menjadi tabungan muamalat. Setoran lewat kantor pospun sudah berbiaya. Free adminnya kalau saldo rata-rata di atas 2juta (kemudian berubah jadi min 3 juta) dan sekarang berubah lagi menjadi admin 7500 tanpa saldo minimal per 31 maret 2013.image_tabungan_share_ind

Update Juli:
Ada ketentuan biaya ekstra untuk transaksi tunai di atm non Muamalat jaringan bersama/prima 5000 jika saldo setelah transaksi <5juta. di situ resmi ditulis fitur unggulan tuh. Yep, emang bahasa lu dan gue beda.
Oke, sebagai gambaran kecil: pengeluaran perbulan antara 7500-12500= biaya admin 7500+biaya transaksi non muamalat 5000 (jika ada). Yup, sekitar 12500an, tidak jauh beda kan dengan bank sejuta umat langganan pemilik online shop di Indonesia (ga perlu sebut namanya) yang sebesar 15rb/bulan.

Kesimpulan saya:
Kemudahan bagi nasabah dulu, yaitu bebas admin dan tarik tunai sekarang berubah menjadi kemudahan bagi bank untuk menarik biaya-biaya dengan mengatasnamakan istilah syarat dan ketentuan berlaku.

Pelajaran yang bisa diambil: Be smart sebagai (calon) nasabah. Jadilah pintar dalam memilih. Sesuaikan dengan kebutuhan kita, cermatlah dalam membaca dan jangan enggan bertanya. Bank tidak wajib memberi tahu, tapi kita berhak bertanya dan bank wajib menjawabnya;-)

7 thoughts on “Be smart, jadi nasabah cermat: Oleh-Oleh Siang ini…. (a muamalat story)

  1. klo saldo minimum atm share reguler brp y?
    istri saya coba tarik tunai di atm muamalat sebesar 100rb g bisa diambil, padahal saldo ada 101rb…
    trims…

  2. Pingback: Memilih Bank Sesuai Kebutuhan | these days

  3. memang seperti itu,kata syar’i syari’at sudah dijadikan iklan untuk mencari keuntungan.kalau memang betul2 syar’i sih gpp.tapi kalau tidak, MODOUS (modal dusta), bawa2 istiah agama lagi..semoga Allah mmberikan balasan sesuai perbuatannya (dunia akhirat). ”’ kalau sekarang berapa ya saldo minimal yg tertinggal ketika mau ngambi lwt atm?disisakan 20 ga bisa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s